jump to navigation

Menentukan Jenis Batik yang Akan Dijual November 8, 2011

Posted by Admin in Artikel.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

Motif batik yang ada sekarang ini sangat beragam dan dari cara pembuatannya pun sangat beragam. Jika ingin lebih spesifik bisnis batiknya, bisa saja Anda mengkhususkan pada motif dan jenis batik tertentu. Misalnya saja Anda mengkhususkan diri menjual produk batik Lasem dari Solo baik itu berupa batik tulis atau batik cap. Atau Anda bisa mengkhususkan diri menjual batik Cirebon dengan berbagai macam jenis batik yang dimilikinya.

Kekhususan penjualan batik bisa menjadi ciri khas yang tidak dimiliki oleh pebisnis batik lainnya. Buatlah ciri khas yang kira-kira sangat menarik untuk konsumen dan belum dimiliki oleh pebisnis batik yang lain. Konsumen akan mudah mengingat batik yang Anda hasilkan.

Jika jenis batik yang Anda pakai sama dengan pebisnis batik lainnya, Anda bisa saja mengkhususkan diri membuat jenis pakaian batik tertentu saja. Misalnya, Anda khusus membuat pakaian batik untuk wanita. Di situ Anda akan menjual dan membuat pakaian wanita mulai dari pakaian sehari-hari, pakaian pesta, atau bahkan pakaian tidur dari batik. Model pakaian juga harus selalu inovatif agar konsumen tidak kuno saat memakai batik yang Anda hasilkan. Model-modelnya harus selalu mengikuti zaman karena motif batik sekarang banyak yang kontemporer dan bahannya yang mudah dibuat sesuai dengan model baju jaman sekarang. Begitu juga halnya dengan bisnis yang menggunakan batik sebagai bahan dasar selain dibuat pakaian.

Kita harus membuat produk kita lebih unggul dari pesaing-pesaing kita dan produk yang kita jual harus mempunyai nilai lebih dibandingkan produk pesaing kita. Apakah itu dari bahan baku yang dipakai atau dari teknologi yang kita pakai untuk membuat produk kita. Kemasan produk yang kita miliki juga harus menarik minat calon konsumen untuk membelinya. Jangan sampai kita memiliki produk yang bagus, tetapi cara menyimpan atau mendisplay produk tidak menarik sehingga produk yang kita miliki kelihatan biasa saja dan sama seperti produk pesaing. Hal itu bisa merugikan kita nantinya. Kemasan produk yang bagus akan menunjang penampilan produk di mata calon konsumennya.

Untuk itu, Anda harus selalu mengikuti perkembangan fashion yang ada kemudian Anda harus selalu jeli menangkap keinginan pasar yang ada sekarang ini. Jangan sampai Anda kalah langkah dengan pebisnis lainnya. Buatlah model yang bisa mencirikan itu adalah buatan Anda sendiri dan model tersebut anda pertama kali mengeluarkannya.

Jenis batik cap juga bisa Anda buat menjadi cantik dan menjadi barang incaran pelanggan jika Anda bisa mengolahnya menjadi sesuatu yang menarik bagi konsumen. Harga batik cap memang lebih murah ketimbang batik tulis sehingga memungkinkan Anda menangkap pasar yang lebih luas lagi. Bukan berarti jika Anda menggunakan batik tulis, pasar Anda menjadi sedikit. Hanya saja yang perlu diperhatikan dan ditentukan adalah Anda harus menentukan pasar seperti apa yang akan Anda tuju. Selanjutnya, produk yang Anda hasilkan akan sesuai dengan pasar yang akan Anda tuju nantinya.

www.BatikSolo.asia

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: