jump to navigation

Batik Palembang Oktober 30, 2011

Posted by Admin in Artikel.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

Batik Palembang

Palembang merupakan salah satu kota di Sumatera yang terkenal dengan makanan pempeknya dan kain songketnya. Ternyata Palembang juga menyimpan kekayaan seni batik yang tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia.

Motif batik Palembang tidak ada yang bergambar binatang hal ini karena pengaruh ajaran Islam yang melarang simbol manusia dan binatang untuk dijadikan hiasan. Motif batik Palembang yang terkenal motif Lasem dan motif Bunga Teh. Motif Lasem ramai dihiasi dengan simbol tanaman atau bunga dan dihiasi pula dengan garis-garis simetris, sedangkan motif Bunga Teh kainnya dipenuhi dengan gambar bunga teh.

Motif batik Palembang lainnya seperti jeperi, baku, jukung, kerak montong, sisik ikan, encim, dan lain-lain. Dalam pembuatannya batik Palembang sedikit berbeda dengan pembuatan batik di Jawa pada umumnya. Kalau di Jawa kain yang akan dibatik cukup disampirkan kemudian dibatik tetapi kalau batik Palembang kainnya dibentangkan dengan kencang baru kemudian dibatik.

Pengrajin batik Palembang sedikit sulit untuk ditemui. Karena itu, perlu dukungan beberapa pihak untuk tetap melestarikan seni budaya batik ini, Pengrajin batik Palembang bisa ditemui di Jl. Aiptu Wahab Palembang.

www.BatikSolo.asia

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: