jump to navigation

Batik Klaten Oktober 30, 2011

Posted by Admin in Artikel.
Tags: , , , , , , , , , , , , ,
trackback

Batik Klaten

Salah satu kekayaan lainnya dari Indonesia adalah keberagaman batik yang sangat banyak dan tersebar di Indonesia. Salah satunya di desa Kebon, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Di Bayat terdapat banyak pengrajin batik yang sedang giat memperkenalkan batiknya di berbagai daerah di Indonesia.

Sentra batik ini mudah sekali ditemukan karena hampir semua orang klaten tahu sentra atik Bayat. Anda bisa datang untuk melihat langsung produknya dan bisa melihat juga proses pembuatannya secara langsung. Anda akan diterima dengan senang hati jika Anda bisa mengikuti sesi belajar membatik yang sering dilakukan di sini.

Dulunya desa ini merupakan tempat sebagian pengrajin batik yang menjadi buruh batik. Hasilnya selanjutnya disetorkan ke juragan batik yang berada di Solo dan Yogya. Bahkan nama-nama besar yang sudah memiliki reputasi di Yogya dan Solo mengambil batiknya dari pengrajin batik di desa ini.

Selanjutnya dengan bantuan IOM (International Organization for Migration) di bawah dukungan JRF (Java Reconstruction Fund), dilakukan sebuah program pemulihan kapasitas bagi usaha mikro dan kecil untuk sektor kerajinan batik tulis kepada 169 orang ibu-ibu yang terbagi dalam 5 kelompok pembatik yang berada di Desa Kebon ini. Menurut salah satu pengrajin hal ini sangat membantu karena kadang mereka tidak tahu akan memasarkan produknya di mana.

Dengan adanya kelompok seperti ini mereka bisa menyetorkan hasil produknya untuk dijual. Hasilnya dalam beberapa bulan saja sudah bisa mencapai angka yang lumayan. Bahan pewarna alami yang didapat dari lingkungan sekitar desa menjadi salah satu wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya. Pengrajin mulai mengembangkan kemampuannya untuk mewarnai batik dengan bahan pewarna alami yang mereka dapatkan di sekitar desa tempat mereka tinggal.

www.BatikSolo.asia

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: