jump to navigation

Batik Cirebon Oktober 29, 2011

Posted by Admin in Artikel.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

Batik Cirebon

Cirebon adalah salah satu nama kota di wilayah Jawa Barat yang berbatasan dengan Jawa Tengah, yang sejak dahulu terkenal dengan batiknya. Di Cirebon terdapat satu daerah di mana hampir semua penduduknya mempunyai usaha membuat batik. Daerah tempat produksi itu dikenal dengan desa Trusmi. Jika Anda datang mengunjungi daerah tersebut, Anda akan menemukan deretan rumah dan butik yang menjual batik hasil kerajinan sendiri.

Bahkan jika Anda berminat melihat proses pembuatan batik itu sendiri, Anda pun bisa melakukannya karena biasanya butik tempat dijualnya hasil kerajinan berupa kain, kemeja, atau produk lainnya juga memiliki bengkel kerja untuk para pembatiknya. Daerah tempat produksi batik terdapat di desa Trusmi Kulon dan Desa Trusmi Wetan, Kecamatan Weru, Cirebon. Anda akan dengan mudah menemukan daerah batik ini. selain jaraknya hanya 5 km dari pusat kota, kendaraan yang menuju kesana akan gampang ditemui dan mudah untuk mencapainya, baik dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Batik yang dijual di sini terdiri dari bermacam-macam bahan baku, mulai dari batik berbahan katun sampai berbahan sutera. Harga yang ditawarkan pun sangat bervariasi mulai dari harga puluhan ribu rupiah sampai harga jutaan rupiah ada di sini. Tinggal Anda mau membeli batik yang seperti apa, semuanya ada di sini.

Batik hasil kerajinan di sini tidak hanya memenuhi kebutuhan lokal, tetapi juga ada yang diekspor ke beberapa negara antara lain ke Jepanq, Amerika, dan Belanda. Seperti halnya batik yang ada di Indonesia, batik Cirebon mempunyai ciri khas sendiri dan berbeda dengan batik di daerah lainnya. Ada beberapa desain batik khas Cirebon yang masih dikerjakan oleh perajin batik hingga kini. Motif batik itu antara lain meqa mendung, singa barong, zawat penganten, paksinaga liman, patran keris, patran kangkung, singa payung, banjar balong ayam alas. gunung siwur, simbar menjangan, simbar kendo, dan lain-lain.

Bahkan untuk motif mega mendung sangat terkenal dan sudah digunakan dalam rancangan desainer-desainer terkenal di Indonesia. Harganya pun bisa menjadi sangat mahal karena sudah didesain oleh perancang terkenal sebenarnya ini bisa menaikkan pamor dari batik itu sendiri jadi bila ada yang menginginkan batik yang eksklusif, akan dibuatkan secara khusus. Citra batik akan semakin terangkat jika desainnya lebih khusus, misalnya untuk orang-orang penting.

Motif yang terkenal di Cirebon ada dua, yaitu singa wadas dan mega mendung. Motif singa wadas merupakan corak resmi kesultanan Cirebon (keraton Kasepuhan) di mana corak tersebut memperlihatkan bentuk singa barong dari kesultanan kasepuhan. Biasanya corak ini berwarna hitam, coklat, dan krem. Sedangkan motif mega mendung merupakan motif berbentuk awan yang bergumpal-gumpal. Motif mega mendung ini mendapat pengaruh dari keraton-keraton yang ada di Cirebon. Motif mega mendung ini kaya akan warna merah, biru, keemasan, dan violet.

Karena zaman semakin berubah dan berkembang, pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha-pengusaha batik di Cirebon juga semakin mengalami perkembangan. Ini dapat dilihat dengan banyaknya pengusaha batik yang memilih menjemput bola, yaitu dengan rajin mendatangi konsumen atau rajin mengikuti berbagai event yang diselenggarakan oleh berbagai pihak. selain itu dengan promosi melalui internet, baik dengan memiliki website tersendiri tentang produk mereka atau melalui media internet gratisan facebook yang sedang booming saat ini. Diakui atau tidak semakin banyak mereka dikenal, akan semakin banyak orang tahu tentang usaha mereka dan akhirnya orang bisa tertarik atau datang mengunjungi tempat usaha dan kemudian membeli batik dari mereka.

www.BatikSolo.asia

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: