jump to navigation

Batik Solo September 27, 2011

Posted by Admin in Artikel.
Tags: ,
trackback

batikBatik Solo – Kota Solo memang merupakan salah satu tempat wisata belanja kain batik terkenal di Indonesia. Di sini banyak sekali terdapat sentra kain batik. Sentra yang tersohor antara lain di Pasar Klewer, kawasan Kampung Batik Laweyan, kawasan Kampung Wisata Batik Kauman, dan Pusat Grosir Solo (PGS). Kemampuan tawar menawar sangat diperlukan di sini. Harga akan tergantung dengan kualitas kain, proses, detail, kulitas pencelupan, dan cacat pada kain.

Batik Solo terkenal dengan corak dan pola tradisionalnya baik dalam proses batik cap maupun dalam proses batik tulis. Bahan-bahan yang dipergunakan untuk pewarnaan masih tetap banyak memakai bahan-bahan dalam negeri seperti soga Jawa yang sudah terkenal sejak dari dahulu. Polanya tetap antara lain terkenal dengan “Sidomukti” dan “Sidoluruh”. Kekhasan batik solo sudah terkenal di seluruh Indonesia dan mancanegara, bahkan sudah menjadi produk eksport andalan.

Batik solo sendiri merupakan batik yang banyak diminati oleh masyarakat modern saat ini, karena corak dan warnanya yang unik dan beragam. Di Solo dikenal dua macam kain yang sudah tidak asing lagi di telinga, yaitu batik dan lurik. Batik yang berasal dari sekitar Solo dan Yogya dikenal dengan batik kesultanan. Biasanya warna yang digunakan adalah warna biru yang melambangkan bumi, coklat  yang melambangkan api, dan putih yang melambangkan udara dan air.

Batik solo menggunakan warna sogan (kombinasi warna coklat muda, coklat tua, coklat kekuningan, coklat kehitaman, dan coklat kemerahan). Batik Solo terkenal dengan corak dan pola tradisionalnya baik dalam proses batik cap maupun dalam proses batik tulis. Bahan-bahan yang dipergunakan untuk pewarnaan masih tetap banyak memakai bahan-bahan dalam negeri seperti soga Jawa yang sudah terkenal sejak dari dahulu. Polanya tetap antara lain terkenal dengan “Sidomukti” dan “Sidoluruh”. Kekhasan batik solo sudah terkenal di seluruh Indonesia dan mancanegara, bahkan sudah menjadi produk eksport andalan.

Jika Anda ingin membeli Batik Solo, cobalah pergi ke Pasar Klewer yang dipenuhi oleh penjual batik. Anda bisa mendapatkan batik setengah harga di sini dari yang ada di toko-toko. Warna dan corak batik di sini sangat beragam dan unik. Jadi ingatlah untuk tetap fokus pada warna dan corak yang Anda mau. Jika Anda ingin berbelanja di pasar ini, lebih baik Anda datang lebih awal di pagi hari karena suhu di sini panas dan siangnya penuh sesak oleh pembeli.

Source : indonesia.travel


Batik Solo

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: